BUKU KERJA SISWA ( Oleh : Dra.Hj.Suharti )

February 12, 2008 at 3:33 am Leave a comment

Bidang Bimbingan : Bimbingan pribadi
Materi layanan : * Nilai nilai keimanan dan ketaqwaan
terhadap[ Tuhan YME.
* Kewajiban makhluk ciptaan terhadapTuhan YME
* Penerapan kaidah agama yang dianut/
* Usaha peningkatan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME.
Rumusan kompetensi : Memiliki kemantapan keimanan dan
ketaqwaan kepada Tuhan YME sesuai Agama yang dianut.
Memiliki kemantapan dalam melaksa
nakan kaidah kaidah ajaran agama
Yangdianut.
Tujuan : Agar siswa dapat nemahami nilai nilai
keimanan dan ketaqwaan terhadap
Tuhan YME.
Agar siswa dapat mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari hari.
Kelas / Semester : X / 1
Waktu : 2X 45 Menit.
Petunjuk : Baca dengan cermat .
Kerjakan tugas sesuai dengan Petunjuk.

MATERI :

A. NILAI NILAI KEIMANAN TERHADAP TUHAN YME.

Sesungguhnya manusia hidup ini semuanya dalam keadaan merugi, kecuali yang beriman kepada Tuhan YME. Manusia yang sesungguhnya paling sengsara, adalah mereka yang miskin iman dan mengalami krisis keyakinan, atau krisis keimanan. Iman berarti yakin seyakin yakinnya, akan keberadaan dan kekuasaan Tuhan seru selakian alam. Manusia yang tidak beriman berarti manusia yang tidak yakin bahwa Tuhan itu ada. Tuhan itu ada, kita harus yakin benar, yakin seyakin yakinnya. Tuhan maha melihat, oleh karena itu hindari perbuatan maksiat. Tuhan maha mendengar ,maka hindarkan diri kalian dari kebiasaan menggunjing, dan menggosip . Tuhan maha mengetahui, hilangkan niat dan fikiran jelek dari hati kalian, Tuhan maha kaya, berdoalah, dan mintalah apa yang kalian butuhkan, Tuhan maha besar, hindarkan diri kalian dari perasaan sombong, Tuhan maha pencipta, bersujudlah kepada Nya, sembahlah sebagai ucapan rasa syukur kalian, dan Tuhan maha segala galanya.
Manusia yang miskin iman , selama lamanya akan berada dalam kesengsaraan, kepedihan, kemurkaan, dan kehinaan. Oleh karena itu percayalah bahwa segala kebutuhan kita akan dicukupi oleh Tuhan. Kita harus bisa menggunakan akal kita masing masing sesuai dengan kemampuan yang Tuhan berikan . Perhatikan seekor lebah, mereka bisa makan madu dengan kenyangnya tanpa harus menyuruh lebah lain untuk memberinya. Dengan instingnya mereka bisa mendapatkan makanan yang telah disiapkan oleh Tuhan. Dengan menggunakan sayapnya, mereka berusaha keluar dari sarangnya, terbang mencari makanan atan nutrisi yang terkandung didalam kuntum bungan bunga yang ada disekitarnya.
Demikian juga halnya dengan kita, jangan kecil hati, manusia tidak hanya punya insting, manusia punya lebih dari pada itu, yaitu akal. Gunakan akal kalian sebagai modal awal untuk meraih segala apa yang kita ingin kan. Asah, coba dan belajarlah, Insya Allah akan dating keberhasilan. Tidak ada jalan buntu untuk manusia yang bertaqwa.
Taqwa artinya taat, taat untuk melaksanakan perintah dan taat juga untuk menghindari larangan Nya. Jadi kalau sudah beriman maka ini harus dubarengi dengan taqwa. Karena itu iman dalam hati adalah penentu perilaku dan perbuatan manusia. Semakin tinggi keimanan seseorang , semakin terlihat perilaku baiknya . Inilah yang dimaksud dengan iaman dan taqwa. Bagaimana dengan keimanan kalian ? Seberapa besarkah keimanan kalian sekarang ini ? Dapatkah kalian merasakannya ? Perhatikan , hubungkan dengan perilaku kalian selama ini. Apakah kalian sudah termasuk pada golongan orang orang yang taqwa ? Bagaimana hubunganmu kepada Tuhan yang telah menciptakan kamu ?, seberapa dekatnya ? Perhatikan sendiri seberapa banyak kalian lakukan perintah Nya ? Seberapa jauh kalian menghindari larangannya ? Hubunganmu dengan orang tua, seberapa baiknya ?, hubunganmu dengan sesama , hubungan dengan teman ?, hubungan dengan tetangga ? Rukun iman, tentunya kalian sudah hafal. Percaya akan keberadaan Tuhan, percaya tentang keberadaan malaikat, percaya kepada kitab suci, percaya kepada Rosul, bahwa Rosulullah SWT adalah utusan Tuhan, percaya kepada hari akhir, percaya kepada khodok dan khodar.
Sesungguhnya tak ada sesuatu yang dapat membahagiakan jiwa, membersihkan, menyucikan, dan mengusir kegundahan darinya, selain keimanan yang benar dan teguh kepada Tuhan YME. Singkatnya, kehidupan akan terasa hambar tanpa adanya “iman” dalam hati kmanusia.

Ada dalam pandangan manusia para pembangkang yang lepas dari iman, bahwa cara terbaik untuk menenangkan jiwa itu adalah bunuh diri. Menurut mereka dengan jalan begitu maka orang akan terbebas dari segala tekanan, dan bencana dalam hidupnya. Begitulah cara pandang orang yang miskin iman. Betapa malangnya mereka, masuk dalam jalan kesesatan, jalan yang dimurkai Tuhan . Betapa berat siksa dan azab yang akan mereka rasakan bila mereka menyimpang dari tuntunan Tuhan .
Seberapa besar dan seberapa kuwatnya iman seseorang, sebatas itu pulalah kebahagiaan, ketentraman, kedamaian dan ketenangan jiwa dimilikinya. Semakin teguh atau semakin kuwat iman seseorang dalam mencintai Tuhannya maka semakin tinggi pula rasa ketenangan jiwanya, semakin besar rasa kebahagiaannya, ketentramannya, dan semakin besar pula rasa kedamaian jiwanya.

Barangsiapa mengerjakan amal saleh, baik laki laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Knmi berikan kepadanya kehidupan yang baik, dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih bak dari apa yang telah mereka kerjakan
.( QS.An Nahl : 97 )

Hidup yang baik adalah hidup yang teguh imannya, mencintai dzat yang menciptakannya, menjaga kesucian hati nurani dari unsur unsur penyimpangan iman, tenang dalam menghadapi setiap kenyataan hidup, rela dalam menjalani ketentuan Tuhan, menjalankan semua perintah Tuhan, menjauhi segala larangan
Nya dan ikhlas dalam menerima ta’dir.

Tanda tanda orang beriman adalah orang yang selalu menjaga lesan, pikiran dan perbuatannya dari hal hal yang dilarang oleh Tuhannya. Dan tanda tanda orang yang taqwa adalah orang yang selalu menjalankan segala perintahNya, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.

B. KEWAJIBAN MAKHLUK CIPTAAN TERHADAP TUHAN YME

Semua ciptaan Tuhan disebut makhluk. Ada manusia, ada malaikat, ada jin, ada binatang, ada gunumg, ada langit, ada bumi, ada matahari, ada angin, ada petir, ada tanah, ada batu, ada air, ada tanaman, ada sumber, ada ruang, ada jurang, ada tebing, ada salju, ada hujan, ada sunami, ada hutan, ada sungai, ada laut , ada bulan, ada bintang, ada gerhana dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalau kita sebutkan satu persatu, jelas tidak mungkin. Terlalu banyak untuk disebutkan. Semua ini adalah milik Tuhan YME. Betapapun banyak jumlah ciptaan Nya namun semua mempunyai tugas sesuai dengan kodrat masing masing.
Dalam kitad suci nya orang Islam yaitu Al Qur’an dijelaskan :

“ WALA KHOLAKTUL JINNA WAL INSA ILLA LIYAKBUDUUN ”
Artinya :
Tidak aku ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah kepada Ku .

Jadi jelas bahwa tugas makhluk ciptaan Tuhan adalah untuk beribadah kepada Tuhan. Oleh karena itu sangatlah rugi bagi makhluk yang tidak melaksanakannya. Tidak berguna hidupnya, walaupun kaya, apa lagi kalau kekayaannya hanya untuk memperkaya diri sendiri, sungguh sangat merugi.

Ibadah itu bukanlah hanya melakukan ritual saja, ( sholat saja, membca Qur’an saja, atau wiritan saja ) melainkan lebih dari pada itu.
a.l. : Bekerja
Belajar
Perang membela agama, bangsa dan negara, itu semuanya termasuk ibadah

Orang yang mati pada saat beribadah , jaminannya surga. Mati karena membela harta benda, sahid, mati karena belajar / jihat fi sabilillah, sahid. mati membela bangsa dan negara, juga sahid. Oleh karena itu janganlah kita takut bahwa kita tidak ada yang menjamin. Kita hidup ini dijamin oleh Tuhan, semua makhluk dikasih rizqi, Rizqi ada yang menanggung,

LAMPIRAN 1 (SOAL SOAL PRE TEST?

Adakah tempat ibadah disekitar anda disini ?………………………………….
Tempat ibadah orang beragama apa ?…………………………………………..
Apa namanya ?…………………………………………………………………….
Apa saja sarana peribadatan yang ada di tempat tersebut ?…………………..
………………………………………………………………………………………
Tahukah anda apa hal hal yang dilarang oleh Tuhan kamu ……………..……………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Apa pula hal hal yang diperintahkan Nya ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

LAMPIRAN 2 ( SOAL SOAL POST TEST )

Jawablah pertanyaan berikut dengan mengisikan huruf A,B atau C sesuai dengan keadaan anda selama ini kedalam kolom jawaban yang telah tersedia.
A. : selalu
B. : kadang kadang
C. : tidak pernah
1. Saya melakukan ibadah ritual sembahyang setiap hari.
2. Saya membaca kitab suci setiap hari
3. Saya melakukan sembahyang sunnah setiap hari
4. Saya menjaga lisan dan perbuatan dari menggunjing, mencuri , berkelai, minum
yang memabukkan, merokok, ma’siyat, judi, berkata kotor dan berbohong.
5. Saya ingat / berdzikir kepada Tuhan.
6. Saya berdoa untuk orang tua dan diri sendiri setelah melakukan sembahyang.
7. Bertobat minta ampun kepada Tuhan atassegala dosa yang saya lakukan.
8. Saya ikut dalam majelis ta’lim.
9. Saya melakukan sedekah untuk fakir miskin dan yatim piatu.
10. Saya puasa wajib,
11. Saya puasa sunnah.
12. Saya membayar zakat
13. Sehari 5 kali saya sembahyang di masjid.
14. Bila ada teman yang sakit saya menengoknya.
15. Langsung berangkat mengerjakannya bila orang tua minta tolong untuk membantu
mengerjakan pekerjaan rumah.

JAWABAN :

1……..

2…………….

3………………………

4…….

5……………..

6………………………

7……..

8……………

9………………………..

10……

11……………

12……………………

13……………………………….

14……………………………………….

15……………………………………………….

Nama siswa :

………………………………

Entry filed under: BKS.

Teori Kepemimpinan (Oleh : Dra.Hj.Suharti) album guru

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


February 2008
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Archives

Flickr Photos