Teori Kepemimpinan (Oleh : Dra.Hj.Suharti)

February 11, 2008 at 6:21 am Leave a comment

Kiat menjadi pemimpin yang profesional

Setiap orang yang memimpin haruslah menjadi pemimpin yang baik, efektif dan profesional, bukan asal tampil sebagai pemimpin. Pemimpin yang demikian itu akan dapat memberdayakan orang lain. Menjadi pemimpin yang baik , efektif dan profesional bukanlah takdir, tetapi hasil dari belajar, berlatih, dan introspeksi diri tiada henti. Pemimpin yang mengejar posisi dan kekuasaan semata, tidak mengindahkan opini (pendapat ) orang lain, akan cepat berakhir. Jadi, hati-hatilah kalau anda menjadi pemimpin. Sebenarnya semua orang memiliki potensi menjadi pemimpin, yang membedakan adalah kesempatan, derajat dan pangkatnya. Namun potensi itu harus dikembangkan. Di negara berkembang, banyak orang yang berpotensi, namun tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi tersebut. Pemimpin yang berkiprah di dunia ini adalah yang terlatih, bertahan, berniat, dan mempunyai keinginan menjadi pemimpin., mereka berlatih dan mempraktekkan teori kepemimpinan yang sudah dia miliki. Oleh karena itu kepada siswa kita, marilah mereka kita kondisikan, kita beri kesempatan, kita latih , kita bimbing supaya mereka menjadi pemimpin yang baik sesuai dengan yang kita harapkan. Yang menjadi persoalan pada umumnya adalah siswa kurang mendapatkan materi tentang teori kepemimpinan. Bagaimana untuk menjadi pemimpin yang baik. Dimasyarakat misalnya begitu dirinya terpilih menjadi seorang pemimpin semua janji yang telah diucapkan untuk mendapatkan dukungan sebelumnya banyak yang dilupakan. Mereka kemudian sibuk sendiri dalam melayani kepentingan pribadi, bukan lagi kepentingan orang banyak. Biasanya seseorang itu semakin kuat dan semakin makmur cenderung menginginkan sesuatu yang lebih, anehnya mereka tidak pernah puas. Maka dari itu, teori kepemimpinan yang baik, efektif dan profesional harus diberikan sedini mungkin. Supaya mereka menjadi pemimpin yang banyak bertanya pada diri sendiri, apa hal terbaik yang bisa dilakukan. Pemimpin yang efektif menuntut seseorang untuk tidak menggunakan kekuasaan demi kehormatan dan keagungan pribadinya. Jika anda hanya memanfaatkan kekuasaan dan memanipulasi anak buah, nasib anda akan berakhir. Oleh karena itu, jika ingin langgeng maka jadilah pemimpin yang baik, efektif dan profesional , seperti berikut ini :
Jujur
Tidak takut dalam mengambil keputusan
Tulus
Religius
Bekerja untuk kepentingan banyak orang
Berjiwa mulia
Peduli kepada orang lain
Rela berkorban
Berwibawa
Bersemangat
Punya kekuatan
Bisa menjadi contoh
Memiliki spiritualisme tinggi
Ringan tangan
Pemberi harapan
Siap untuk menjadi pelayan
Dermawan
Berani mengambil resiko
Punya semboyan “kalau bisa mudah kenapa dipersulit?”
Pemaaf
Tidak cenderunng menyalahkan orang lain
Bukan pendendam
Pandai menghalau kemarahan
Tidak diktator
Apa ciri-ciri utama pemimpin yang baik?
Karakter yang kita lihat dari pemimpin yang baik adalah sebuah kejujuran., kredibilitas ( kepercayaan ), integritas ( ketulusan hati ), punya visi dan misi. Dari sini orang akan gampang untuk diberi pengaruh dan pengarahan. Inlah kepemimpinan yang mempunyai karakter dan punya kekuatan. Pemimpin harus punya kompetisi dan pengetahuan memberi arah dan petunjuk yang jelas mengenai visi dan misi. Pemimpin yang tidak punya pikiran jelas akan membuat anak buah bingung. Bahkan membuat situasi kacau balau. Kejelasan pengarahan sangat diperlukan, bahkan termasuk dalam situasi tidak jelas sekalipun.
Kini kita hidup didunia yang berubah cepat, juga sebagai dampak dari kemajuan teknologi. Dalam perubahan perubahan yang cepat itu pemimpin harus tetap mampu memberi arahan. Pemimpin harus memiliki komitmen pada pelaksanaan visi dan misi, memiliki semangat dan keberanian., karena mereka tidak punya komitmen pada visi dan misi juga karena takut.
Pemimpin harus intelek dan punya integritas moral yang tinggi. Dengan begitu dia dapat menyusun rencana atau programkerja yang erbaik, pemimpin juga harus memiliki spiritualisme tinggi. Dengan spiritualisme tersebut setiap semangat dan tindakannya menjadi terkait dengan Tuhan. Dengan bimbingan Tuhan anda akan tetap menjadi pemimpin yang bersahaja. Didalam diri pemimpin yang religius, ada sikap mau menghormati orang lain yang tidak setuju dengan kebijaksanaannya . Pemimpin yang tak punya keimanan yang hakiki, tidak pedulli apa kata orang.
Ada banyak pemimpin yang arogan dan diktator, cenderung oposisi akan ditekan. Pemimpin yang religius dan berfikir demokratis akan mendapat respon positif. Namun kepemimpinan seperti itu tidak mudah didapat. Dalam diri pemimpin ada kecenderungan untuk arogan. Faktor kepentingan untuk mempertahankan kekuasaan menjadi unsur yang banyak bermain. Pemimpin yang seperti ini tidak siap memerima penolakan. Menjadi pemimpin religius itu bukan khayalan. Ada banyak pemimpin yang takut dengan media. Padahal media bukan untuk menyerang, bisa juga memberi pertolongan dengan analisanya yang baik dan benar..
Mengapa ada pemimpin yang takut mengambil keputusan?
Mereka khawatir dengan perlawanan. Padahal pemimpin itu harus memutuskan bertindak. Jika anda harus melakukan sesuatu, atomatis ada resiko. Melakukan tindakan beresiko adalah bagian dari hidup manusia. Yang terpenting lakukan yang terbaik, maka anda menjadi orang yang dihargai. Inilah semangat yang harus diambil. Seorang bisa dikatakan sebagai pemimpin yang baik jika mewariskan kesinambungan. Banyak pemimpin yang meninggalkan kemandekan setelah tak berkuasa. Ketamakan pada kekuasaan menjadi faktor mendikte perilaku mereka. Ini tragedi. Memang sulit dan tidak mudah. Ini kelemahan manusia. Jangan berhenti dari tekanan jika anda ingin berlatih untuk jadi pemimpin yang baik dan efektif. Jika anda berhenti maka berakhirlah semuanya, oleh karena itu, pemimpin perlu memiliki ketahanan, baik fisik maupun psikis. Demikianlah kutipan pendapat yang sangat baik tentang teori kepemimpinan dari seorang pakar pendidikan. Oleh karena itu perlu untuk kita ajarkan kepada siswa –siswi kita di sekolah agar nantinya bila mereka terjun dimasyarakat dan mungkin mereka akan menjadi pemimpin dapat menjadi pemimpin yang efektif , baik dan profesional.

Entry filed under: artikel. Tags: .

BERSYUKUR ( Oleh : Dra.Hj.Suharti ) BUKU KERJA SISWA ( Oleh : Dra.Hj.Suharti )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


February 2008
M T W T F S S
     
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Archives

Flickr Photos

Two

Shopping

Devina

More Photos

%d bloggers like this: