BERKARYA ( Oleh :Dra.Hj.Suharti )

February 11, 2008 at 4:48 am Leave a comment

Kang Udin adalah teman suami saya, begitulah saya biasa memanggil pria asal Tasikmalaya, yang sehari-hari bekerja sebagai penjaga ponten umum Dra. Hj. Suharti Muslich di Tulungagung. Dalam sebuah perbincangan santai, Kang Udin menanyakan apakah suami saya pernah menjadi pengangguran ?. Suami saya menjawab, “Alhamdulillah tidak pernah”. “Jangan pernah menjadi pengangguran kang ! menganggur itu tidak enak, berkaryalah ! “ kata suami saya.

“Walaupun dengan pekerjaan yang soro sekalipun ? “ kata Kang Udin menambahkan.

Pria yang berusia 36 tahun ini, kemudian menceritakan sepenggal perjalanan hidupnya. Seperti kebanyakan orang Tasikmalaya- Jawa Barat pada umumnya, Kang Udin adalah seorang pekerja yang ulet. Setelah menikah dengan seorang gadis ayu yang sangat santun tetangga desanya, dia mulai bekerja sebagai tukang kredit peralatan rumah tangga di kota metropolitan Jakarta. Disana dia mengadu nasib untuk beberapa tahun, mencari sesuap nasi, dan mengais rejeki.

Dengan tekun usaha tersebut dijalani dengan penuh semangat. Setiap akhir bulan, Kang Udin pulang ke Tasikmalaya untuk menjenguk dan memberi uang belanja pada istri dan anaknya dirumah. Sampai akhirnya, perkampungan tempat dia menjajakan dagangan digusur, untuk pembangunan sebuah proyek.

Saat itu, dunia seakan runtuh. Karena satu-satunya lahan untuk berusaha mendapatkan uang, musnah sudah. Untuk usaha lain tidak bisa, karena tidak memiliki keterampilan lain. Disinilah perlunya live skill, pembelakalan pada para siswa, penanaman kreatifitas, pemberian motivasi agar dapat mengarungi kehidupan didunia ini dengan selalu senyum yang penuh harapan untuk masa depan, tidak gampang menyerah, ulet dan tidak mudah putus asa. Seperti perajurit kalah perang, Kang Udin pulang ke kampung halamannya. Menemui anak istrinya. Beruntung, sang istri memiliki ilmu tentang penjualan, dia buka usaha berjualan makanan kecil di dekat SD, di desanya, diharap agar tetap ada sumber penghasilan untuk menyambung hidup keluarganya. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim dia ikhlas menerima kenyataan hidup yang penuh dengan tantangan ini, bekerja adalah ibadah, dan sabar sebagai modal. Bagaimana dengan kang Udin ?Sehari-hari Kang Udin menjalani hidup dengan berdiam diri, duduk-duduk di rumah, merenungi nasib malangnya. Sebagai kepala rumah tangga, tentu saja harga dirinya menjadi runtuh di hadapan anak istrinya. Rasa jenuh dan pikiran jibek, berhari-hari menguasai dirinya. Akibatnya, laki-laki yang sebelumnya periang dan penyabar terhadap keluarga tersebut, berubah menjadi orang mudah tersinggung. Masalah sepele bisa menjadi pertengkaran dengan istrinya. Ada orang menutup pintu agak keras, dikira sebal terhadap dirinya. Pendek kata, hidup serba salah dan tidak enak, tidak nyaman, senyumpun menjadi jarang. Sampai akhirnya ada seorang tetangga yang memiliki usaha cleaning service, menawari Kang Udin pekerjaan sebagai penjaga ponten umum pasar, di Jember, Jawa Timur. Awalnya, dengan pertimbangan dari pada menganggur di rumah, tawaran tersebut diterima. Sebagai anak muda, Kang Udin sempat gengsi bekerja sebagai penjaga ponten umum. Tapi, jika ingat tidak enaknya menjadi pengangguran, perasaan gengsi tersebut dilindasnya. “Ngrasakne gengsi, yo gak mangan iku olehe,” kata Kang Udin dalam Bahasa Jawa dengan logat Kulon sambil tertawa. Jeritan hati dan do’a kang Udin setiap hari, tidak luput dari pendengaran Allah SWT, dengan kerja kerasnya, dengan modal keikhlasan menerima ta’dir Nya, kang Udin sekarang telah menjadi

koordinator cleaning service di wilayah Tulung Agung dengan penghasilan yang lumayan.

Mari kita tanamkan kesabaran dan ketlatenan kepada siswa kita, kita sambut hari esok dengan lebih baik dari pada hari ini, tinggalkan rasa malas, menyesal dan putus asa, tanamkan rasa sabar didalam hati kita masing-masing , mari bersama- sama kita tumbuhkan dengan semangat hidup yang baru, karena Allah bersama orang-orang yang sabar.

Entry filed under: artikel. Tags: .

BERSYUKUR ( Oleh : Dra.Hj.Suharti )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


February 2008
M T W T F S S
     
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Archives

Flickr Photos

Two

Shopping

Devina

More Photos

%d bloggers like this: